REVIEW JURNAL PERILAKU KONSUMEN:
“PENGARUH PERILAKU
KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI DEALER ARISTA
JOHAR”
Kosasih, SE., ME.,
Dadan Ahmad Fadili, SE., MM., Nurul Fadilah, SE
Oleh: Ghifari
Dwijayarto
Dalam tulisan “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Arista Johar”, Penulis
melakukan penelitian ini karena maraknya pengguna sepeda motor di kota-kota
besar. Seperti dikatakan olehnya dalam pendahuluan tulisannya, pada saat ini kebutuhan
akan sepeda motor di kalangan konsumen menjadi suatu hal penting bagi penunjang
kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mengetahui,
menjelaskan, dan menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan
pembelian sepeda motor.
Berdasarkan UU perlindungan konsumen no. 8 tahun 1999
tentang perlindungan konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen
atas kenyamanan, keamanan, keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa, hak
untuk memilih barang, dilayani secara benar, dan sebagainya. Oleh karena itu penulis
mencoba memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang hal-hal tersebut sebelum
mengambil keputusan dalam melakukan pembelian.
Dalam tulisannya, penulis menjelaskan tentang perilaku
konsumen dan keputusan pembelian menurut para ahli seperti; Ujang Sumarwan,
Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Nembah F. Hartimbul Ginting, dan
lainnya. Penulis mengembangkan teori perilaku konsumen dari Philip Kotler dan
Gary Armstrong tentang faktor perilaku, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi
dan psikologis. Penulis juga mengembangkan teori pengambilan keputusan
pembelian dari Philip Kotler yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi,
evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
Metode
penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan survey yang
bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara,
dengan kuisioner, dan observasi dengan mengambil sampel dalam populasi konsumen
Dealer Arista Johar yang berjumlah 200 orang dengan menggunakan teknik sampling
incidental yaitu teknik penentuan sampel secara kebetulan.
Kesimpulan
yang dapat diambil dari tulisan diatas yaitu, terdapat pengaruh positif kuat
antara perilaku konsumen dan keputusan pembelian dengan merujuk kepada 15
indikator yaitu, budaya, subbudaya, kelas sosial, kelompok kecil, keluarga,
peran dan status sosial, usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi
ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, motivasi, persepsi,
pembelajaran, dan keyakinan dan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar