Sabtu, 18 Oktober 2014

Review Jurnal



REVIEW JURNAL PERILAKU KONSUMEN:
“PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI DEALER ARISTA JOHAR”
Kosasih, SE., ME., Dadan Ahmad Fadili, SE., MM., Nurul Fadilah, SE
Oleh: Ghifari Dwijayarto

Dalam tulisan “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Dealer Arista Johar”, Penulis melakukan penelitian ini karena maraknya pengguna sepeda motor di kota-kota besar. Seperti dikatakan olehnya dalam pendahuluan tulisannya, pada saat ini kebutuhan akan sepeda motor di kalangan konsumen menjadi suatu hal penting bagi penunjang kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Tujuannya adalah untuk mengetahui, menjelaskan, dan menganalisis perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian sepeda motor.
Berdasarkan UU perlindungan konsumen no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen atas kenyamanan, keamanan, keselamatan dalam mengkonsumsi barang atau jasa, hak untuk memilih barang, dilayani secara benar, dan sebagainya. Oleh karena itu penulis mencoba memberikan pengetahuan kepada konsumen tentang hal-hal tersebut sebelum mengambil keputusan dalam melakukan pembelian.
Dalam tulisannya, penulis menjelaskan tentang perilaku konsumen dan keputusan pembelian menurut para ahli seperti; Ujang Sumarwan, Philip Kotler & Kevin Lane Keller, Nembah F. Hartimbul Ginting, dan lainnya. Penulis mengembangkan teori perilaku konsumen dari Philip Kotler dan Gary Armstrong tentang faktor perilaku, yaitu faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Penulis juga mengembangkan teori pengambilan keputusan pembelian dari Philip Kotler yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian.
            Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuantitatif dengan survey yang bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara, dengan kuisioner, dan observasi dengan mengambil sampel dalam populasi konsumen Dealer Arista Johar yang berjumlah 200 orang dengan menggunakan teknik sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel secara kebetulan.
            Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan diatas yaitu, terdapat pengaruh positif kuat antara perilaku konsumen dan keputusan pembelian dengan merujuk kepada 15 indikator yaitu, budaya, subbudaya, kelas sosial, kelompok kecil, keluarga, peran dan status sosial, usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri, motivasi, persepsi, pembelajaran, dan keyakinan dan sikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar